Kuliner Indonesia Yang Mendunia (Terbaik Versi UNESCO) - Pojokin

Friday, August 10, 2018

Kuliner Indonesia Yang Mendunia (Terbaik Versi UNESCO)

Kuliner Indonesia yang mendunia
Nasi Goreng|Kuliner Indonesia Yang Mendunia

Kita sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya berbangga karena Indonesia memang kaya, mulai dari keindahan alamnya, budayanya dan juga kulinernya. 

Dan Pojokin kali ini akan mengulas mengenai kuliner Nusantara yang sudah diakui kelezatannya di dunia.

Wajib bangga dong ya dengan bangsanya sendiri. Ya, karena memang Indonesia memang kaya, salah  satunya urusan kuliner nih. 


Banyak banget jenisnya dari tiap daerah. Soal cita rasa, kuliner Indonesia juga juara loh, buktinya makanan dari Indonesia masuk di urutan awal dari 50 kuliner terlezat versi UNESCO. 

Apa saja ya kira-kira??

Bicara soal makanan Indonesia yang mendunia, jika para pendatang dari luar negeri ditanya soal makanan Indonesia kesukaan mereka, banyak dari mereka yang akan menjawab Nasi goreng, Rendang, Soto ayam, Bakso, Sate dan lain lain. 

Ya mereka hafal dengan nama-namanya. Keren kan?

1. Nasi Goreng


Yang pertama, Nasi Goreng. Kuliner yang satu ini memang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Kuliner rumahan yang acap kali dijadikan makanan alternatif makanan ketika perut keroncongan. 

Siapa sangka, kuliner yang berasal dari kaki lima ini bisa bertengger diurutan nomor 2 dari 50 makanan terlezat versi UNESCO.

Nasi goreng, satu nama banyak jenisnya. Lalu pada dasarnya kuliner satu ini menjadi favorit di negerinya sendiri karena berbahan dasar nasi yang merupakan makanan pokok orang negara Indonesia pada umumnya.

Dan salah satu tempat makan nasi goreng di daerah Jakarta sudah berdiri sejak 30 tahun yang lalu. Dari dulu hingga sekarang cita rasa yang disajikan nasi goreng kambing ini tidak pernah berubah.

Sesuai namanya, nasi goreng kambing ini berlokasi di jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat. Selain terkenal karena punya cita rasa yang lezat, rupanya potongan daging kambingnya yang gede-gede dan banyak, bikin ngiler pelanggan.

Nasi goreng ini juga dibanderol dengan harga yang tidak menguras kocek kita dalam-dalam. Hanya 35.000 rupiah saja per porsinya. Dijamin kenyang deh.

Sejak pertama berdiri di tahun 1985 lalu, warung tenda ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Dan yang menjadi ciri khas dari nasi goreng kambing yang satu ini dalam sekali memasak langsung dalam porsi yang besar.

Jadi pengunjung tidak perlu menunggu lama-lama untuk bisa menikmati nasi goreng yang dipesannya. 

Meskipun nasi goreng terbilang mudah dibuat sendiri di rumah, tapi tetap yah jadi salah satu menu andalan sebagai penuntas masalah perut lapar.

Kalau nasi goreng menempati posisi kedua dari 50 makanan terlezat, nah posisi yang pertama juga ditempati oleh makanan Indonesia. 

Penasaran? ini dia nih informasinya !

2. Rendang


Berikutnya kuliner Indonesia yang ada di urutan pertama dari 50 makanan terlezat di dunia yang berasal dari pulau Sumatera, yap Rendang. 

Kelezatan kuliner berbahan dasar daging ini memang sudah diakui ya hingga ke mancanegara bahkan menempati urutan pertama loh.

Kita patut berbangga nih. Rendang Minang ini sekarang memang mudah ditemukan, tidak hanya di daerah asalnya saja, Rendang ini lucunya dulu merupakan nama dari cara memasak daging yaitu dirandang. 

Namun lama kelamaan justru menjadi nama dari masakannya sendiri.

3. Sate


Berikutnya, makanan yang satu ini juga masuk ke dalam list 50 makanan terlezat versi UNESCO yang khas dengan tusukannya. Yap.. apalagi kalau bukan sate atau satay. 

Di Indonesia sendiri terdapat beragam jenis sate.
Tapi biasanya yang mudah ditemui di Jakarta yaitu sate madura yang khas dengan bumbu kacang dan kecapnya. 

Sate ayam khas Madura ini sebelumnya dibakar terlebi dahulu, untuk kemudian dibakar kembali ketika hendak disajikan. 

Tujuannya agar daging matang dan bumbu meresap sempurna hingga kebagian dalam daging.
Cukup 5 menit saja dibakar dan bolak balik, lalu sate siap untuk dibumbui kembali. 

Bumbu kacang lah yang menjadi ciri khas Sate Madura, ditambahkan kecap, diaduk, lalu kemudian sate dibolak-balik kedalam bumbu. Tinggal tambahkan lontong dan sate pun siap untuk disantap.

Rasa khas dari sate ini dengan perpaduan bumbu kacang dan juga kecap manis nya emang nikmat banget. Makanya nggak heran kalau sate masuk dalam urutan 14 dari 50 makanan terlezat di dunia versi UNESCO.

Tapi nggak cuman sampai di sini aja nih, karena wilayah di Indonesia juga punya sate dengan ciri khasnya sendiri. Ini dia infonya..

Ya, selain sate ayam dari Madura, wilayah lain di Indonesia juga punya sate yang khas yang gak kalah nikmatnya, salah satunya saat yang berasal dari Sumatera Barat yakni Sate Padang.

Irisan tipis yang umumnya berbahan dasar lidah sapi ditambah dengan bumbu khas rasa pedas membuat sate padang ini juga gak kalah tenar.

Lain ladang lain ilalang, lain di Padang lain juga di Bali. Kalau di pulau dewata ada sate lilit yang khas. Sate lilit ini berbeda dengan saat yang umumnya langsung ditusuk karena berbahan dasar ikan. 

Sesuai dengan namanya, ikan yang telah dihaluskan dan dibumbui kemudian lilitkan ke tusukan sate.

Nah, ada lagi sate yang belakangan ini banyak diminati. Ada yang pernah denger sate taichan? Salah satu kedai sate taichan di wilayah Tebet Jakarta Selatan ini tempatnya.

Berbeda dengan sate pada umumnya yang dibalur bumbu berwarna coklat, Sate Taichan warnanya putih walaupun sudah matang sekalipun. 

Dan untuk soal rasanya ini, pedas, asin, asam jadi satu. Wah jadi penasaran nih.

Dan untuk bisa menikmati sate taichan ini, anda cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp20.000 untuk satu porsinya.

Sate yang menjadi tren belakangan ini memang beda dengan sate madura yang biasa dijajakan penjual di Jakarta. 

Mengintip pembuatannya menggunakan bumbu yang jauh beda dari segi tampilan. Yap, karena sate taichan menggunakan cabai yang sudah digiling sehingga lekat dengan sensasi rasa pedas.

Nah, membuat sate ini juga gak sulit kok. Tahapan pertama, saipkan dulu bumbu yang untuk dibakar, yang bahan-bahannya merupakan paduan dari sambalnya lengkap dengan garamnya yang diaduk hingga merata.

Daging ayam yang masih berwarna putih sebelumnya dimasukkan ke bumbu khusus yang juga terbuat dari cabai. 

Setelah diaduk kedalam bumbu, lalu dibakar dan dibolak-balik selama sekitar 10 menit.
Yap, tidak perlu menunggu lama untuk membakar sate, langsung bisa disajikan. 

Tapi jangan lupa untuk campuran bumbunya yang merupakan olahan dari cabe rawit yah. Yang terakhir, tambahkan sedikit garam dan potongan jeruk nipis.

4. Kue Lapis Legit


Setelah dari tadi kita udah bahas makanan berat semua, rasanya nggak lengkap kalo kita nggak ngebahas kue yang ternyata kue di Indonesia ini salah satunya menjadi kue terlezat di dunia.

Dari segi kue, Indonesia ternyata nggak kalah juaranya ya, salah satunya seperti kue yang sudah ada sejak zaman kolonial dulu serta berasal dari perpaduan Belanda dan Indonesia, ya Lapis legit atau yang dulu dikenal dengan nama Spikuk. 

Dan salah satu toko kue yang menyajikan kue tradisional ini berada di wilayah Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Diantara varian kue Indonesia yang beragam, kue yang satu ini sering disebut sebagai kue mewah. Iya karena selain harganya cukup mahal, kue yang satu ini memiliki proses yang cukup lama untuk membuatnya.

Bahkan membutuhkan waktu berjam-jam karena harus memasak lapisan kue satu persatu. Tentunya dengan tingkat kematangan yang pas ya nggak boleh berbeda ditiap lapisannya. 

Wahh padahal tiap lapisannya tipis-tipis banget geng.. Harus sabar yah membuatnya.

Kue yang disebut-sebut sebagai kue mewah ini umumnya dijual sekitar 400 hingga 500 ribu rupiah per loyangnya. 

Meskipun mahal tapi kenikmatan rasa yang diberikan pastinya sebanding dong. Perpaduan antara tekstur lembut kuenya ditambah lagi dengan rasa manis dan aroma rempah lokal asli Indonesia, kue ini sangat sesuai dengan namanya nih, legiit banget.

Makanya nggak heran kalau kue ini masuk dalam urutan 14 hari 17 kue terlezat di dunia. Apalagi dibarengi dengan minum teh, nikmat banget deh.. 

Kenikmatan rasa kue lapis legit yang begitu lembut ini membuat bikin ketagihan, buktinya kelezatannya saja diakui di dunia tuh.

Wiihh, Indonesia memang mantap yah geng! makannya geng, cintailah negeri kita sendiri. hehehe.


Sekian dulu yah semoga bisa menambah semangat anda di hari ini, sampai jumpa lagi dilain kesempatan.
Comments


EmoticonEmoticon